Apakah Menghadiahkan Pahala Kurban untuk Orang Lain Bisa Sah? Ternyata Begini Penjelasannya

Ilustrasi sapi kurban | Pixabay

BERITA RADIO - Berlatar belakang rasa kasih dan cinta terhadap kerabat, seorang yang dianugerahi harta lebih ingin mengikutsertakan orang yang ia sayangi dalam pahala hewan kurbannya.

Pertanyaannya adalah, bagaimana hukum menghadiahkan pahala kurban untuk orang lain? Apakah pahalanya bisa sampai?

Syariat memberikan ketentuan kurban melihat jenis hewannya, yaitu kambing untuk satu orang, sapi dan unta untuk tujuh orang.

Bila melebihi kapasitas yang telah ditentukan, semisal kurban kambing untuk dua orang, sapi untuk delapan orang, maka tidak sah. 

Baca Juga :

Persoalan menghadiahkan kurban untuk orang lain berbeda dari kurban bersama (patungan). kurban patungan status mudlahhi-nya adalah seluruh anggota yang tergabung dalam iuran hewan kurban.

Sementara perihal memberikan hadiah kurban, status mudlahhi hanya yang mengeluarkan dana, orang lain hanya diikutsertakan dalam pahala kurbannya, bukan diikutkan dalam status mudlahhi-nya.

Oleh sebab itu, perihal menghadiahkan pahala kurban, tidak ada pembatasan jumlah orang yang diikutsertakan dalam pahala kurbannya mudlahhi, semisal satu orang berkurban satu ekor kambing, pahalanya dihadiahkan untuk tujuh orang keluarganya.

Berita Pilihan

Berita Lainnya

Berita Radio Network