Rumah Sakit Darurat Covid-19 Secapa AD Kota Bandung Siap Beroperasi

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat meninjau IGD di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Secapa AD, Selasa 12 Januari 2021 | Humas Jabar

BERITARADIO.COM - Pemprov Jawa Barat membuat rumah sakit darurat covid-19 Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (secapa ad) di Hegarmanah, Kota Bandung yang siap beroperasi sejak Senin, 11 Januari 2021.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Ketua Komite Kebijakan Penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar meninjau rumah sakit darurat covid-19 secapa ad, Selasa 12 Januari 2021.

"rumah sakit darurat ini merupakan bentuk kesiapan Jabar dalam penanganan pandemi global COVID-19," ujarnya.

RS Darurat ini dikhususkan bagi pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dengan gejala ringan (Hijau), serta yang tidak bisa melakukan isolasi mandiri di rumahnya. 

Pasien yang diterima merupakan rujukan dari rumah sakit atau puskesmas dengan hasil swab tes positif metode PCR. Di RS Darurat COVID-19 secapa ad, juga tersedia ambulance yang siaga 24 jam. 

"Pasien yang masuk ke sini kriterianya pasien COVID-19 gejala ringan. Ada prosedur di IGD dan pendaftaran untuk pengecekan final," tutur Kang Emil. 

Adapun RS Darurat COVID-19 Secapa AD sendiri berada di kompleks Barak Brigjen Katamso, terdiri dari empat barak.

Tiga di antaranya dikonversi menjadi ruang perawatan bagi pasien gejala ringan dengan kapasitas masing-masing 30 tempat tidur, dengan total kapasitas di RS Darurat COVID-19 Secapa AD adalah 180 pasien. 

Berita Lainnya

Konten Rekomendasi

loading...

Berita Radio Network