Sekda Kota Bandung: Peduli Lingkungan Jadi Poin Penting Atasi Banjir

Ilustrasi Banjir | Devteo Mahardika Prakoso

BERITARADIO.COM - Bencana hidrometeorologi dikhawatarikan kembali muncul di Kota Bandung, mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca seperti banjir, longsor, hingga puting beliung.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemkot Bandung membutuhkan peran serta semua pihak, mulai dari pemerintah hingga seluruh elemen masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, peran masyarakat menjadi hal yang paling penting dalam mengantisipasi terjadinya banjir, yakni perilaku peduli terhadap lingkungan.

Ia mengklaim banyaknya bangunan liar yang masuk ke aliran sungai yang menyebabkan banjir dan juga longsor harus diperbaiki.

"Mohon maaf bukan berarti ingin menyalahkan masyarakat, tapi banyak bangunan liar yang masuk ke aliran sungai. Ini yang sangat mengkhawatirkan. Ini perilaku ini yang harus kita perbaiki," tuturnya, Minggu 10 Januari 2021.

Selain itu, perilaku untuk tidak membuang sampah menjadi poin utama dalam mencegah terjadinya banjir.

"Dan yang paling utama, saya pikir tidak bisa dilaksanakan dalam waktu dekat, bagaimana mengubah perilaku masyarakat yang biasa membuang apapun ke sungai. Ini yang menjadi PR besar kita," kata Ema.

Berita Lainnya

Konten Rekomendasi

loading...

Berita Radio Network